Berita

Keseharian Siswa NKPI SMK SDL

IMG_20180805_072129131Nautika Kapal Penangkap Ikan, merupakan salah satu jurusan yang sudah sejak  lama di SMK Sunan Drajat Lamongan, bahkan sejak masih bernama SUPM yang kemudian berganti nama menjadi SMK Kelautan Sunan Drajat di tahun 1997. Dan di tahun 2008, SMK NU 1 Paciran, SMK NU 2 Paciran, dan SMK Kelautan Sunan Drajat bergabung menjadi satu sekolah yakni SMK Sunan Drajat Lamongan. Siswa NKPI ini pun memiliki ciri khusus, selain baju yang disesuaikan dengan postur tubuhnya juga berambut cepak, layaknya anggota TNI.

Setiap pagi sebelum apel dimulai, para siswa jurusan  telah melakukan beberapa latihan fisik untuk mengawali hari. Bahkan mereka memiliki banyak yel-yel sebagai pemicu semangat setiap kali melakukan latihan fisik. Untuk kegiatan di pagi hari, biasanya mereka melakukan lari mengelilingi lapangan SMK Sunan Drajat Lamongan berkali-kali. Uniknya, mereka tetap dalam satu barisan dan tetap rapi. Setelah selesai berlari, mereka berkumpul di lapangan untuk dilakukan pengecekan kerapian dan kedisiplinannya. Mulai dari posisi saat di lapangan sampai seragam dan atributnya. Setelah lengkap, mereka akan berbaris di lapangan untuk menunggu apel dimulai.

Setelah apel dibubarkan dan menuju kelasnya masing-masing, mereka pun tetap dalam posisi berbaris rapi untuk menuju ke kelasnya. Setelah KBM selesai, menuju ke masjid pun tetap dalam posisi berbaris rapi. Setelah selesai jamaah sholat Dzuhur di masjid, menuju ke lapangan pun tetap berbaris rapi. Baru setelahnya mereka melakukan latihan fisik yang lainnya lagi, dan khusus setiap hari Selasa, mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler SAR. Kegiatan ini dikhususkan hanya untuk siswa jurusan Nautika.

Tim Jurnalis SMK SDL

Leave a Comment (0) ↓