Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

SMK Sunan Drajat Lamongan kembali menjadi tuan rumah terkait bimbingan teknis yang disampaikan oleh pengawas Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka untuk jenjang SMK.

Pengawas yang hadir sebagai pemateri adalah Drs. Muhtadin, M.M., M.S.I. dan Dr. Syaiful Khafid, S.H., M.Pd. M.M.. Dalam bimtek ini, para guru dari empat SMK hadir untuk mendapatkan pengarahan mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka ini.

Sekolah-sekolah tersebut selain SMK Sunan Drajat Lamongan sebagai tuan rumah yaitu SMK Muhammadiyah 9 Paciran, SMK Mazra’atul Ulum Paciran, dan SMK Hasyim Asy’ari.

Pada prinsipnya, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ditujukan untuk menjawab tantangan pendidikan di era industri berbasis digital.

Mengenai pemahaman dan analisis Capaian Pembelajaran (CP), rumusan Tujuan Pembelajaran (TP), dan penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), diharapkan para guru SMK mampu :

  1. Mendefinisikan capaian pembelajaran dengan redaksi bahasa sendiri;
  2. Menerangkan prinsip penyusunan CP dan bentuk kompetensi yang perlu dicapai pada fase tertentu;
  3. Menjelaskan posisi CP sebagai panduan utama dalam perancangan pembelajaran;
  4. Merekonstruksi pemahaman mengenai kompetensi yang ingin dicapai dalam suatu fase pada jenjang dan mata pelajaran;
  5. Menjabarkan enam aspek pemahaman dalam mencapai CP menurut Wiggins dan Tighe;
  6. Mengembangkan kata memahami menjadi kata kerja operasional dalam mencapai CP menurut Bloom versi Anderson;
  7. Membagi CP ke dalam per semester sesuai dengan kompetensi dan konten esensial yang ada dalam elemen CP; dan
  8. Memecah elemen CP ke dalam elemen yang lebih kecil dalam bentuk CP1, CP2, CP3, dst (jika diperlukan).

Sedangkan mengenai konsep, modifikasi, dan penyusunan modul ajar, diharapkan para guru SMK mampu :

  1. Mendefinisikan modul ajar dengan redaksi bahasa sendiri;
  2. Menjelaskan tiga komponen modul ajar dengan detail;
  3. Memilih model pembelajaran sesuai karakteristik konten pada elemen Capaian Pembelajaran (CP); dan
  4. memodifikasi modul ajar sesuai dengan tiga komponen Modul Ajar (MA) dan elemen Capaian Pembelajaran (CP).

Team ICT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *