Pelaksanaan Fasilitasi Peningkatan Jaringan Kerjasama Pemasaran OPOP

Pelaksanaan Fasilitasi Peningkatan Jaringan Kerjasama Pemasaran OPOP

Senin, 4 November 2019, SMK Sunan Drajat Lamongan menjadi tuan rumah pelaksanaan Fasilitasi Peningkatan Jaringan Kerjasama Pemasaran OPOP oleh Dinas Koperasi, UKM Provinsi jawa Timur.

Kegiatan tersebut diikuti oleh pesantren yang berada di pantura, khususnya kabupaten Lamongan

Dihadiri langsung oleh pengasuh PP Sunan Drajat, Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur, beliau berbagi tentang beberapa produk dan usaha yang dimiliki oleh PP Sunan Drajat.

OPOP yang digagas Pemprov Jatim memiliki tiga pilar. Pertama, menyasar santripreneur untuk menciptakan wirausaha baru di kalangan siswa Aliyah, SMA, SMK, mahasiswa dan santri lainnya yang ada di lingkungan pesantren.

Kedua, adalah pesantrenpreneur yang merupakan peningkatan kualitas dan pemasaran produk melalui penguatan koperasi pesantren. Kemudian yang ketiga, adalah sociopreneur yang tak lain upaya menumbuhkan wirausaha baru dari kalangan alumni pesantren yang melibatkan masyarakat sekitar pesantren.

Meski pesantren yang ada di Jatim ini sudah memiliki berbagai produk namun para pesantren tersebut masih butuh pendampingan. Yakni bagaimana quality control yang baik, quantity yang mencukupi dan continuity yang bisa terjaga.

Kedepannya, yang dikembangkan nanti bukan hanya produk yang tangible atau tampak wujudnya saja. Tapi produk-produk yang non tangible juga akan dikembangkan, seperti sotfware dan lain-lain.

Tim Jurnalis SMK SDL

Team Ict

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *