Berita

Tes Hari Ke-2 dan Informasi Seputar Daftar Ulang Siswa Baru

Rabu 11 Juli 2018, merupakan hari pertama calon peserta didik baru melaksanakan tes, dimulai dengan apel pagi yang dilaksanakan di lapangan SMK SDL. Selama apel, para peserta tes dikenalkan dengan kedisiplinan yang ada di SMK SDL, agar tidak kaget saat menjadi siswa di SMK SDL. Berbagai pengumuman pun diberikan, seperti lokasi ruang tes, petunjuk saat pengisian lembar jawaban tes, dan lain lain.

Saat apel tengah berlangsung, ada kejadian lucu dimana ada beberapa calon peserta didik dari lembaga lain yang tersesat dan masuk ke lingkungan SMK SDL. Dengan banyaknya peserta dari berbagai daerah yang mendaftar di berbagai lembaga di YPPSD, tentu akan sedikit membingungkan bagi mereka yang baru pertama kali datang ke PP. Sunan Drajat Banjaranyar. Untunglah hal tersebut segera diatasi, setelah ada salah satu anggota OSIS SMK SDL yang menunjukkan arah menuju lembaga yang dimaksud peserta yang tersesat tersebut.

Bahkan di hari pertama tes, banyak juga yang baru datang mendaftar meskipun pendaftaran telah ditutup. Meski begitu, mereka tetap dilayani dan bisa mengikuti tes meskipun susulan (Gelombang ke-2). Di hari tersebut, para Peserta Didik Baru melakukan tes potensi akademik dan tes kejuruan, sesuai dengan pilihan kejuruan masing-masing. Namun untuk kejuruan tertentu seperti NKPI, mereka melakukan tes khusus yakni tes buta warna di Puskestren atau yang familiar disebut klinik pondok.

Dihari kedua ini, para Peserta Didik Baru menghadapi tes bakat skolastis dan tes Baca Al-Qur’an. Ini dimaksudkan agar selain siswa SMK SDL mendapat pengetahuan umum dan siap kerja, mereka juga dipastikan bisa dalam pengetahuan agama. Setelah selesai melakukan serangkaian tes, mereka akan mendapatkan pengumuman diterima atau tidaknya di kejuruan yang telah dipilih sebelumnya, berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan sejak kemarin.

Setelah mendapatkan pengumuman, mereka bisa langsung melakukan daftar ulang di BKK PP. Sunan Drajat Banjaranyar. Daftar ulang dimulai sejak 12 Juli 2018 s/d 14 Juli 2018. Untuk biaya daftar ulang putra Rp 1.130.000,- & putri Rp 1.175.000,-. Minimal pembayaran angsuran pertama untuk putra sebesar Rp 600.000,- sedangkan untuk putri sebesar Rp 630.000,-. Untuk pelunasan sisa daftar ulang bisa dilakukan sampai sebelum kenaikan kelas.

Seragam yang diperoleh dari biaya daftar ulang adalah 1 stel batik (jadi), 1 stel seragam khusus SMK (jadi), & 1 stel seragam olahraga. Khusus seragam putih abu-abu, sekolah tidak menyiapkan dan calon siswa bisa membelinya sendiri. Untuk pengambilan seragam, bisa diambil di kantor SMK SDL dengan menyertakan kwitansi sebagai bukti telah melakukan daftar ulang.

Tim Jurnalis SMK SDL

Leave a Comment (0) ↓