Berita

Hari ke-1 Pelatihan Pembuatan Kerajinan Songkok

IMG_1000-minBertepatan dengan Hari Hak Asasi Binatang, Senin, 15 Oktober 2018, berlokasi di laboratorium jurusan Tata Busana, sekitar pukul 10.30 WIB pelatihan pembuatan kerajinan songkok SMK Mini di SMK Sunan Drajat Lamongan dimulai. Terdapat 19 peserta, 10 peserta berasal dari kelas XII Tata Busana, 5 peserta berasal dari kelas X Tata Busana, dan 4 lagi adalah alumni yang juga berasal dari jurusan Tata Busana.

Rencananya, pelatihan gelombang pertama akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai 15 – 17 Oktober 2018 pada jam ke 5 s/d 8 KBM. Oleh karena itu, siswi yang mengikuti pelatihan telah mendapat izin untuk tidak mengikuti KBM selama pelatihan berlangsung. Setelah peserta dirasa mampu, nantinya akan dikembangkan menjadi peluang usaha yang akan dikelola oleh jurusan Tata Busana dibawah naungan SMK Sunan Drajat Lamongan. Selama pelatihan, para peserta dikenalkan juga sekaligus dijelaskan tentang alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan songkok. Selain itu, juga dijelaskan bagaimana proses pembuatannya dengan melakukan praktik langsung. Para peserta pun mempraktikkan sesusai contoh yang telah diberikan.

Tak hanya praktik langsung, para peserta pun aktif bertanya mengenai bahan dan proses yang belum dimengerti. Menurut salah satu pendamping yang juga merupakan pengrajin songkok, proses yang dibutuhkan sekitar 1 minggu mulai dari pemotongan pola sampai proses penjahitan selesai hingga menjadi sebuah songkok untuk pemula, asalkan mengerti cara menggunakan mesin.
IMG_1022-minIMG_1002-min IMG_1012-min IMG_1046-min IMG_1047-min

IMG_1042-min

Tim Jurnalis SMK SDL

Leave a Comment (0) ↓