Berita

Pelatihan Pembuatan Kerajinan Songkok Gelombang II

IMG_1002-minPelatihan pembuatan kerajinan songkok gelombang II telah dimulai sejak Selasa, 30 Oktober 2018. Sama seperti pelatihan sebelumnya, peserta pelatihan berasal dari siswi kelas X dan XII jurusan Tata Busana sebanyak 25 orang. Selama pelatihan, para peserta juga dikenalkan dan sekaligus dijelaskan tentang alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan songkok. Mereka juga aktif bertanya jika dirasa ada sesuatu yang kurang dimengerti. Setelah selesai mendapat penjelasan, para peserta pun mempraktikkan sesuai dengan penjelasan yang telah didapat.

Setelah pelatihan pembuatan kerajinan songkok di gelombang pertama, SMK Mini yang dikelola oleh jurusan Tata Busana SMK Sunan Drajat Lamongan telah memulai produksi songkok dengan merk Songkok “Singo Mengkok”. Singo Mengkok adalah salah satu alat musik gamelan yang sering dimainkan oleh Sunan Drajat. Di bagian bawah gamelan tersebut terdapat ukiran patung berbentuk singa yang sedang membungkuk.

Singa yang menunduk ini dideskripsikan sebagai singa yang menahan hawa nafsu dan hanya tunduk di hadapan penciptanya. Oleh karena itu, pemakaian songkok ini saat beribadah juga dimaksudkan agar kita hanya tunduk kepada sang pencipta dan bisa menahan hawa nafsunya. Selain itu, dengan adanya produksi songkok ini diharapkan bisa menjadi peluang kerja setelah nantinya lulus dari SMK Sunan Drajat Lamongan, karena telah memiliki bekal ilmu setelah mengikuti pelatihan ini.

IMG_1288 IMG_1020

Tim Jurnalis SMK SDL

Leave a Comment (0) ↓